Tinjauan Pendidikan Kristen terhadap Strategi Pembelajaran Multiple Intelligences untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas IX di SMP Swasta Nila Harapan Medan

  • Putri Manalu Sekolah Tinggi Teologi Abdi Sabda Medan
  • Pardomuan Munthe Sekolah Tinggi Teologi Abdi Sabda Medan
Keywords: Multiple intelligences, pendidikan agama Kristen, minat belajar siswa

Abstract

 Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan keadaan siswa yang memiliki minat belajar yang rendah, dan itu membuat pembelajaran pendidikan agama Kristen tidak dapat dimaknai oleh siswa. Ini bukan menunjukkan siswa yang tidak pandai, tetapi menjadi masalah bagi seorang pendidik, mengapa siswanya tidak memiliki daya tarik untuk belajar? Setiap peserta didik dianggap sebagai individu yang memiliki kecerdasan dalam tingkat maupun indikator yang berbeda. Oleh karena itu perlu penelitian dilakukan untuk mengetahui bagaimana pengaruh penerapan strategi pembelajaran multiple intelligences terhadap minat belajar siswa. Penelitian ini adalah penelitian lapangan, yakni mengambil data-data dari lokasi penelitian melalui angket dan wawancara. Penelitian dilakukan di SMP Swasta Nila Harapan kelas IX. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa ketika guru menerapkan strategi pembelajaran multiple intelligences, dimana dalam proses belajar itu siswa belajar dari pengalamannya, yaitu dengan mengalami dan menemukan sendiri, baik secara individual maupun berkelompok, belajar sambil bermain, siswa menjadi senang, sehingga timbullah minat belajarnya. 

Published
2022-03-28